Standar Etika 2018

Sambutan Dari James Gorman

Budaya dan reputasi Morgan Stanley membuat kita berbeda dari sesama lembaga ataupun badan usaha lainnya dan telah memberikan landasan yang kuat untuk keberhasilan. Sebagai lembaga keuangan global , reputasi adalah modal utama kita. Sekali rusak atau hilang, maka sulit memulihkan dan meraihnya kembali.

Nilai-nilai yang kita anut akan menuntun dan menjadi pedoman kita dalam berbuat dan berperilaku, yaitu: mengutamakan nasabah, memimpin dengan ide dan gagasan cemerlang, berbuat sesuatu yang benar, dan memberikan kembali. Kode Etik kita mencerminkan komitmen berkelanjutan kita untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai inti ini dan dengan penuh keselarasan dan semangat ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta kebijakan kita.

Kode Etik Berperilaku memandu dan menjadi pedoman bagi kita semua dalam menerapkan dan menjalankan prinsip-prinsip bisnis yang mendasari kesuksesan kita. Kode Etik Berperilaku ini harap dibaca baik-baik dan dipahami isinya. Jika anda mengetahui adanya tindakan yang melanggar Kode Etik ini, kami bergantung pada anda untuk segera menyampaikan. Kami tegaskan bahwa tidak boleh ada sakit hati dan tindakan balas dendam dari siapapun juga jika ada karyawan yang dengan itikad baik melaporkan terjadinya tindak pelanggaran yang diketahui atau dicurigainya. Kami bergantung pada anda untuk menantang diri anda dan lainnya untuk melakukan evaluasi terhadap perilaku melalui nilai-nilai Perusahaan.

Sama halnya anda, saya juga senang dan bangga menjadi bagian dari Perusahaan yang telah menoreh sejarah perjalanan gemilang dan masa depan cerah. Di tahun 1935, para mitra pendiri Perusahaan paham bahwa menjaga kepercayaan nasabah adalah hal utama dan penentu bagi kesuksesan mereka, dan mereka tetap setia menganut prinsip-prinsip ini. Budaya dan nilai-nilai kami menjunjung tinggi sejaran dan aspirasi untuk masa depan. Terima kasih atas peran serta anda sekalian untuk tetap melanjutkan menjunjung tinggi prinsip dan nilai yang telah diwariskan.

James P. Gorman

President dan Chief Executive Officer

Mengenai Standar Etika ini

Standar Etika ini merupakan pernyataan komitmen Morgan Stanley akan integritas dan standar etika tertinggi yang kami harapkan dari seluruh karyawan dan memandu kami dalam membuat keputusan yang tepat sewaktu melaksanakan pekerjaan. Setiap karyawan wajib memahami dan mematuhi Standar in. Standar ini (dan budaya kami yang berlandaskan nilai inti Morgan Stanley) menjadi pedoman dalam melaksanakan seluruh aktivitas kami.

Budaya yang Berlandaskan Empat Nilai Inti

Di Morgan Stanley, kami berkomitmen mendukung dan memelihara budaya yang berlandaskan empat nilai inti: Efisiensi (Doing the Right Thing), Mengutamakan Nasabah, Memimpin dengan Ide Cemerlang, dan Mengembalikan Manfaat Usaha kepada Masyarakat. Pada hakikatnya, mewujudkan nilai inti ini berarti bertindak dan melaksanakan bisnis kita sesuai kandungan dan semangat peraturan perundang-undangan, kebijakan perusahaan, dan bertindak dengan penuh integritas dalam melaksanakan pekerjaan terbaik dengan cara yang terbaik.

Efisiensi

  • Bertindak dengan penuh integritas.
  • Berpikir layaknya pemilik untuk menciptakan nilai pemegang saham jangka panjang.
  • Memberi nilai dan penghargaan kepada mereka yang berlaku jujur, senang bekerja tim, dan berkarakter.

Mengutamakan Nasabah

  • Selalu mengutamakan kepentingan nasabah.
  • Bekerjasama dengan rekan tim untuk mempersembahkan hasil terbaik perusahaan kepada setiap nasabah.
  • Mendengar masukan dan kebutuhan nasabah.

Memimpin dengan Ide Cemerlang

  • Unggul dengan terobosan baru.
  • Memperkaya wawasan dengan berbagai fakta dan perbedaan sudut pandang.
  • Waspada dalam melangkah ke depan.

Mengembalikan Manfaat Usaha kepada Masyarakat

  • Mencurahkan kemampuan, waktu dan biaya.
  • Berinvestasi pada masa depan karyawan dan perusahaan.
  • Membimbing generasi selanjutnya..
Efisiensi

Efisiensi bermakna kita melakukan sesuai dengan pertimbangan yang matang, membuat keputusan yang etis dan terkomunikasikan, dan bertanggungjawab atas tindakan yang kita ambil. Tindakan yang kita ambil tidak selamanya jelas, namun dengan menanyakan kepada diri sediri tentang suatu tindakan akan dapat membantu kita memutuskan apakah akan melanjutkan atau sebaliknya menghentikan tindakan tersebut.

  • Apakah tindakan saya sesuai dengan kandungan dan semangat peraturan perundang-undangan dan kebijakan
  • Apakah tindakan saya sejalan dengan Standar Etika ini dan nilai inti perusahaan?
  • Apakah tindakan saya menunjukkan komitmen melaksanakan pekerjaan terbaik dengan cara yang terbaik?
  • Apakah orang lain menganggap tindakan saya tidak wajar atau tidak etis?
  • Apakah tindakan saya bisa merusak nama baik atau mempermalukan saya maupun Morgan Stanley?
  • Siapa yang diuntungkan atau dirugikan dengan tindakan saya?
  • Bagaimana jadinya tindakan tersebut jika seandainya diliput oleh mass media?

Jika anda tidak yakin, maka hentikan dan berpikir kembali. Pertimbangkan dengan matang sebelum mengambil keputusan. Jika anda ragu mengenai legalitas atau kelayakan suatu tindakan, minta petunjukdari atasan anda, pejabat risiko unit kerja, Legal and Compliance Division (LCD) atau perwakilan anda.

Mengutamakan Nasabah

Mengutamakan nasabah berarti kita harus mengutamakan kepentingan nasabah dan menghindari konflik kepentingan dengan nasabah. Oleh karena itu, sebagaimana diatur dalam Kebjakan Global tentang Konflik Kepentingan, anda harus peka dalam memutuskan, apakah tindakan yang akan anda ambil dapat menimbulkan konflik kepentingan atau kemungkinan konflik kepentingan atau yang kelihatannya merupakan konflik kepentingan.

  • Konflik bisnis dapat timbul dalam berbagai situasi dan kondisi, termasuk antara Morgan Stanley dan nasabah, atau antar dua atau beberapa nasabah. Contoh kemungkinan konflik bisnis adalah situasi ketika:
    • Kita menawarkan produk atau beberapa jenis akun yang atas penawaran tersebut perusahaan menerima tarif atau kompensasi lebih besar dibanding produk atau jenis akun lain yang sejenisnya
    • Kita menjalankan beberapa peran untuk nasabah atau transaksi tertentu (contohnya: sebagai penasehat, penjamin atau kreditur)
    • Dua nasabah memiliki kepentingan dalam aset yang sama
    • Kita ikut dalam interaksi dengan nasabah atau calon nasabah perusahaan yang kemungkinan juga merupakan vendor atau calon vendor Perusahaan

Untuk lebih jelasnya mengenai konflik bisnis, lihat Prosedur Perusahaan tentang Penyelesaian Konflik.

  • Konflik pribadi dapat timbul dari kegiatan atau investasi luar anda, atau kegiatan atau investasi keluarga anda. Anda harus menghindari investasi, kegiatan atau hubungan yang bisa atau kelihatannya mempengaruhi keputusan anda atau mempengaruhi tanggungjawab anda kepada Morgan Stanley dan nasabah. Berikut adalah beberapa contoh kemungkinan konflik pribadi:
    • Memiliki kepentingan pribadi atau kepentingan keluarga dalam suatu transaksi yang melibatkan Morgan Stanley
    • Berkompetisi dengan Morgan Stanley dalam hal transaksi jual-beli jasa
    • menerima manfaat khusus yang ditawarkan karena hubungan anda dengan Morgan Stanley (misalnya diskon harga, syarat pinjaman yaang lebih fleksibel atau peluang investasi) kecuali jika syarat tersebut ditawarkan ke kelompok perorangan secara umum (misalnya, diskon layanan perbankan yang ditawarkan ke seluruh karyawan Perusahaan di lokasi yang sama)
    • Mengadakan perjanjian keuangan pribadi atau hubungan pribadi tertentu dengan karyawan Morgan Stanley lainnya

Jika anda mengetahui bahwa telah atau akan timbul suatu konflik, anda harus bertindak sesuai peraturan perundang-undangan dan kebijakan perusahaan. Anda juga harus memberitahukan kepada atasan anda, Conflicts Management Officer (CMO) di unit kerja anda, the Firm’s Global Conflicts Office (GCO) atau anggota LCD—termasuk jika telah atau akan timbul konflik akibat investasi atau kegiatan yang telah disetujui sebelumnya melalui Outside Business Interests (OBI) System.

Memimpin dengan Ide Cemerlang

Melalui kepemimpinan dengan ide cemerlang, kita berupaya mencapai standar keunggulan dalam segala aspek bisnis kita. Kita menerapkan pemikiran inovatif untuk membersembahkan layanan dan produk berkualitas prima kepada nasabah, keuntungan besar bagi peemgang saham dan peluang karir yang sangat menarik bagi karyawan.

Mengembalikan Manfaat Usaha kepada Masyarakat

Mengembalikan manfaat usaha kepada masyarakat merupakan nilai inti Morgan Stanley sejak perusahaan didirikan. Morgan Stanley Foundation dan Morgan Stanley International Foundation adalah inti dari dukungan perusahaan bagi organisasi nirlaba, dengan prioritas utama menyediakan nutrisi tambahan dan vitamin yang dibutuhkan anak-anak untuk masa depan mereka. Untuk mengetahui cara mengikuti program ini, klik di sini.

Kita memberikan apresiasi dan dukungan kepada karyawan yang mencurahkan waktu, biaya dan dan kemampuan mereka untuk kegiatan amal, dan menawarkan sejumlah program untuk memfasilitasi keikutsertaan mereka. Untuk lebih jelasnya mengenai Bulan Relawan Global Perusahaan dan kegiatan relawan kami selama setahun, kunjungi laman Community Affairs pada Intranet Morgan Stanley.

Memberi manfaat usaha kepada masyarakat termasuk pula mengembangkan bakat generasi masa depan kita. Perusahaan mendukung budaya magang di mana karyawan baru dapat meningkatkan wawasan dan skill kepemimpinan mereka dalam pekerjaan.

Menjunjung Tinggi Nilai Inti Morgan Stanley
Melindungi Franchise Kita

Reputasi Morgan Stanley akan integritas dan keunggulan merupakan faktor sangat penting bagi keberhasilan Perusahaan. Risiko franchise timbul manakala suatu transaksi, praktik bisnis, nasabah atau rekanan bisa merusak reputasi Morgan Stanley. Berikut adalah contoh permasalahan yang bisa menimbulkan risiko franchise:

  • nasabah yang tersangkut dugaan korupsi, pencucian uang atau kegiatan tidak wajar lainnya
  • transaksi yang tidak memiliki substansi ekonomi atau tujuan bisnis yang jelas
  • transaksi atau nasabah yang menimbulkan permasalahan risiko lingkungan atau sosial
  • transaksi yang menimbulkan permasalahan kecocokan atau perpajakan yang signifikan
  • transaksi yang menimbulkan masalah konflik kepentingan yang signifikan

Sebagaimana diatur dalam Kebijakan Global tentang Risiko Franchise Perusahaan, setiap karyawan bertanggungjawab menganalisa potensi dampak tindakan yang akan dilakukannya terhadap franchise Perusahaan. Jika anda memiliki kekhawatiran mengenai risiko reputasi Perusahaan, anda wajib segera menyampaikannya kepada manajemen atau LCD sebelum melaksanakan pekerjaan, hubungan atau kegiatan. Hal-hal yang cenderung menimbulkan risiko franchise yang signifikan harus segera dilaporkan untuk dikaji dan disetujui oleh Komite Franchise sebelum melaksanakan pekerjaan; untuk mendapat persetujuan Komite Franchise, ada pembatasan atau persyaratan yang harus dipatuhi. Untuk lebih jelasnya, lihat Franchise Risk InfoPage.

Mengadukan Permasalahan Hukum dan Etika dan Melaporkan Pelanggaran
Pengaduan

Kita berkewajiban menyampaian pengaduan jika, dalam pekerjaan, kita menghadapi situasi yang menimbulkan permasalahan hukum atau etika. Termasuk di dalamnya adalah potensi kecurangan atau pelanggaran lainnya baik dalam Perusahaan atau oleh pihak ketiga. Jika anda khawatir akan kemungkinan timbulnya pelanggaran terhadap Standar Etika ini atau kebijakan Perusahaan, maka anda wajib segera memberitahukannya kepada minimal atasan anda, anggota LCD, perwakilan SDM anda, nomor kontak yang ditentukan berdasarkan kebijakan atau prosedur tertentu atau Integrity Hotline. Morgan Stanley menghimbau karyawan yang mengadukan suatu permasalahan agar menyebutkan identitas dirinya agar informasi tersebut dapat segera dikaji secara menyeluruh. Perusahaan akan menangani seluruh permasalahan yang dilaporkan serahasia mungkin, termasuk membatasi pengungkapan identitas pelapor, sesuai peraturan perundang-undangan dan komitmen kami untuk mengkaji secara menyeluruh segala permasalahan yang teridentifikasi. Selain itu, Perusahaan telah menetapkan mekanisme pelaporan secara anonim melalui Integrity Hotline, atau saluran lain sebagaimana diatur dalam undang-undang. Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Pengaduan dan Pelaporan Masalah dan Pelanggaran

Melaporkan Permasalahan Mengenai Perilaku Manajemen Perusahaan

Jika kekhawatiran anda menyangkut perilaku senior executive atau anggota Direksi Morgan Stanley, anda bisa melaporkannya kepada Chief Legal Officer atau kepada Global Audit Director. Permasalahan yang melibatkan Chief Legal Officer atau Global Audit Director sebaiknya dilapokan kepada Board’s Independent Lead Director atau kepada Ketua Komite Audit. Untuk mengetahui cara menghubungi Direksi, klik di sini.

Integrity Hotline

Integrity Hotline global Perusahaan menyajikan mekanisme lain untuk melaporkan pelanggaran jika anda yakin pelanggaran tersebut belum diselesaikan secara tepat atau jika anda memilih melaporkannya melalui saluran lain atau secara anonim. Untk menghubungi Integrity Hotline 1x24 jam sehari dan 7 hari seminggu, hubungi nomor telpon bebas pulsa di:866-448-8434 (global, kecuali Eropa); 0808-234-7205 (Inggris);0800-91-4863 (Perancis);866-940-6738 (seluruh negara Eropa).

Komitmen Non-Retaliasi

Kontinuitas keberhasilan kita ditentukan oleh penyampaian permasalahan secara terbuka oleh karyawan tanpa kekhawatiran akan adanya tindakan balas dendam (retaliasi). Perusahaan akan memperhatikan dan menangani laporan dugaan pelanggaran tersebut dengan serius, dengan syarat bahwa laporan tersebut dibuat dengan itikad baik, dan melarang adanya tindakan balas dendam atau viktimisasi terhadap seseorang yang menyampaikan pengaduan/laporan.

Tanggungjawab Atasan

Jika anda adalah seorang atasan, maka anda harus:

  • mencontohkan standar etika tertinggi dan mendukung budaya efisiensi
  • membantu karyawan memahami bagaimana Standar Etika dan peraturan perundang-undangan serta kebijakan Perusahaan berlaku atas mereka
  • mengawasi kegiatan dan perilaku bawahan anda agar sejalan dengan peraturan perundang-undangan dan kebijakan Perusahaan serta megambil tindakan yang tepat jika anda menemui permasalahan
  • menyampaikan permasalahan secara tepat

Jika anda tidak mematuhi ketentuan tersebut di atas, maka anda sebagai atasan dan Morgan Stanley akan menghadapi konsekuensi dan tuntutan hukum.

Bagaimana Menjalankan Bisnis
Perilaku yang Dipandu oleh Budaya dan Nilai Perusahaan

Kita berupaya mematuhi standar etika tertinggi. Komitmen kita terhadap perilaku etis bermakna bahwa kita mematuhi kandungan dan semangat peraturan perundang-undangan. Prinsip ini merupakan ciri khas dari budaya Morgan Stanley dan mencerminkan ikrar kita akan Efisiensi dan Mengutamakan Nasabah.

Komite Budaya, Nilai dan Perilaku Morgan Stanley, terdiri dari manajemen senior Perusahaan, bertugas mengawasi penerapan budaya di Perusahaan dan tanggungjawabnya mencakup pengawasan beberapa prakarsa seperti pembicaraan tentang budaya dan kinerja program terkaitnya. Hasil dari prakarsa inti dilaporkan ke Direksi.

Masing-masing kita bertanggungjawb mengatasi Risiko Perilaku dengan cara

  • mematuhi standar etika yang berlaku setempat, termasuk bertindak setiap saat dengan penuh integritas, skill, perhatian dan ketekunan dan mematuhi standar perilaku pasar
  • mewaspadai kemungkinan dampak negatif yang akan ditimbulkan oleh tindakan kita atau tindakan orang lain terhadap nasabah, pasar atau Morgan Stanley
  • mengidentifikasi dan melaporkan kemungkinan timbulnya risiko perilaku

Perusahaan menerapkan berbagai mekanisme dan prosedur untuk membantu anda mengidentifikasi, mengelola dan melaporkan risiko perilaku. Jika anda menemukan suatu permasalahan, baik permasalahan tersebut mempengaruhi unit kerja anda atau orang lain, anda harus melaporkannya melalui salah-satu saluran pelaporan sebagaimana disebutkan di atas [tambahkan link ke bagian Pengaduan Permasalahan Hukum dan Etika].

Pasar Wajar, Bebas dan Kompetitif

Morgan Stanley berkomitmen mempromosikan pasar bebas, wajar dan kompetitif. Kita tidak akan mentolerir segala upaya yang dilakukan oleh karyawan atau perwakilan Morgan Stanley untuk memanipuasi pasar atau harga saham atau menghambat kompetisi wajar.

Peraturan perundang-undangan di hampir seluruh negara melarang penyalahgunaan pasar, termasuk kegiatan perdagangan manipulatif. Peraturan perundang-undangan ini melarang:

  • memperdagangkan, atau mendorong orang lain memperdagangkan saham atau instrumen keuangan terkait di mana orang tersebut memiliki informasi penting yang sifatnya rahasia sehubungan dengan instrumen dimaksud (perdagangan orang dalam) (untuk lebih jelasnya, lihat Melindungi Informasi Rahasia)
  • upaya menghalangi operasi pasar secara wajar dan bebas, misalnya: dengan sengaja menyebarluaskan informasi palsu atau menyesatkan mengenai suat uproduk, berkolusi dengan orang lain untuk mendistorsi harag atau likuiditas suat uproduk atau memanipulasi patok banding (benchmark) keuangan (untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Manipulasi Pasar ISG)
  • menggunakan informasi mengenai transaksi tunda untuk mengambil posisi menguntungkan bagi nasabah, Morgan Stanley atau diri anda

UU anti monopoli dan persaingan diterapkan untuk mencegah praktik bisnis anti-persaingan, misalnya penetaspan harga atau menghalangi orang/pihak lain berkompetisi di pasar. Jangan sekali-kali bersepakat dengan kompetitor untuk menentukan harga atau mendistorsi pasar, dan jangan sekali-kali bertransaksi dengan seseorang jika tujuannya menghambat pihak lain berkompetisi di pasar. Untuk lebih jelasnya, tanyakan ke Global Antitrust Policy.

Pencegahan Tindak Pidana Keuangan
Anti Pencucian Uang

Morgan Stanley mendesain operasinya untuk memastikan karyawan, fasilitas, produk, dan layanan digunakan hanya untuk tujuan yang sah. Kami berkomitmen mematuhi undang-undang anti pencucian uang (AML) dan undang-undang tentang pendanaan terorisme. Anda tidak boleh ikut dalam atau membantu kegiatan pencucian uang; jika anda melakukannya (meski tidak sengaja), anda dan Morgan Stanley akan dituntut secara pidana dan perdata. Oleh karena itu, anda harus:

  • mengetahui tanggungjawab AML anda dengan memahami betul Kebijakan Global tentang Anti Pencucian Uang dan Program Kepatuhannya dan Ketentuan Tambahan tentang Pelatihan yang berlaku di negara dan wilayah anda
  • mengenali nasabah anda dan mendapatkan seluruh informasi jatidiri nasabah sesuai yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan dan kebijakan perusahaan, termasuk Standar Global tentang KYC (Know Your Customer) Morgan Stanley dan standar yang berlaku di negara anda
  • mewaspadai dan segera melaporkan kegiatan yang tidak lazim atau yang mencurigakan (termasuk kegiatan yang telah dilakukan atau pernah diupayakan) yang kemungkinan melibatkan tindak pencucian uang atau pendanaan terorisme, tidak memiliki tujuan bisnis atau tujuan resmi yang jelas atau bukan jenis transaksi yang biasa dilakukan oleh nasabah, termasuk kegiatan yang melibatkan sumber dana nasabah. Untuk melaporkan kegiatan yang mencurigakan, hubungi AML Information Line atau Integrity Hotline, informasikan ke AML Group representative anda atau hubungi LCD.

Untuk lebih jelasnya, lihat AML InfoPage.

Sanksi Ekonomi dan Perdagangan

Peraturan perundang-undangan dan program sanksi ekonomi yang ditetapkan oleh Kantor Pengawasan Aset Asing, Departemen Perbendaharaan AS (OFAC) dan program sanksi semacamnya yang diterapkan oleh pemerintahan negara lain dan organisasi supra-pemerintah seperti Dewan Keamanan PBB dan Dewan Uni Eropa melarang anda melakukan atau memfasilitasi (langsung atau tidak langsung):

  • transaksi dengan pemerintah, entitas atau perorangan yang masuk “daftar cekal” atau yang terkena sanksi pemerintah, Perusahaan atau individu.
  • transaksi keuangan yang melibatkan negara, wilayah atau kawasan yang terkena embargo
  • transaksi atau kegiatan yang dirancang untuk, atau dilaksanakan untuk mengelak atau menghindari sanksi yang berlaku atau kontrol kepatuhan sanksi (yang ditetapkan oleh) Perusahaan

Untuk lebih jelasnya, lihat Sanksi Ekonomi Global/Kebijakan Kantor Pengawasan Aset Asing dan Economic Sanctions – OFAC InfoPage.

UU Antiboikot

Morgan Stanley berkomitmen mematuhi UU antiboikot AS yang melarang entitas AS ikut dalam atau menindaklanjuti boikot atau embargo yang diterapkan oleh negara-negara tertentu yang tidak disetujui oleh pemerintah AS. Jika anda dimita atau diperintahkan ikutserta dalam atau mendukung boikot tersebut, atau menyajikan informasi kepatuhan Perusahaan kepada pihak lain, maka anda harus segera menghubungi LCD. Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Antiboikot dan Antiboycott InfoPage.

Anti-Korupsi

Morgan Stanley melarang segala bentuk suap dan korupsi. Anda tidak boleh:

  • menawarkan, menjanjikan, memberikan atau mengizinkan orang lain untuk memberikan sesuatu yang memiliki nilai (langsung atau tidak langsung) ke pihak manapun dengan tujuan mendapatkan keuntungan bisnis yang tidak wajar atau tidak tepat
  • menerima, atau sepakat menerima sesuatu yang memiliki nilai yang dapat mempengaruhi secara tidak wajar tugas anda selaku karyawan Morgan Stanley

Pahami betul Kebijakan Global tentang Anti Korupsi, kebijakan tambahan yang berlaku di negara anda dan ketnetuan lain yang berlaku di wilayah dan unit kerja anda. Untuk lebih jelasnya, lihat Anti-Corruption InfoPage.

Risiko semakin meningkat manakala anda berinteraksi dengan Pejabat Pemerintah, misalnya pejabat, pegawai atau perwakilan Entitas Pemerintah. Entitas Pemerintah meliputi:

  • pemerintah, lembaga dan aparatur pemerintah serta organisasi publik internasional
  • perusahaan atau organisasi yang sebagian atau seluruhnya dimiliki atau dikendalikan oleh pemerintah atau lembaga pemerintah (meski perusahaan tersebut adalah perusahaan terbuka (tbk))
  • partai politik atau kandidat pejabat partai politik
  • keluarga kerajaan

Untuk lebih jelasnya, lihat Perangkat Entitas Pemerintah Perusahaan atau hubungi anggota Anti-Corruption Group.

Beberapa kegiatan tertentu juga berisiko tinggi, termasuk menggunakan Mitra Bisnis luar, menjalankan transaksi atau investasi tertentu dan mempekerjakan kandidat yang direkomendasikan oleh atau terkait nasabah atau Pejabat Pemerintah. Patuhi kebijakan dan prosedur kami tentang klarifikasi awal, uji tuntas dan pengawasan Mitra Bisnis; melaksanakan uji tuntas berbasis risiko untuk transaksi dan investasi, dan merekomendasikan calon karyawan.

Anti-Penghindaran Pajak

Morgan Stanley tunduk pada undang-undang tertentu tentang larangan memfasilitasi penghindaran dari kewajiban pajak. Pelanggaran terhadap undang-undang ini kemungkinan akan dikenakan penalti, termasuk tuntutan hukum dan denda. Perusahaan juga kemungkinan bertanggungjawab jika pihak-pihak ketiga (yang menyediakan layanan untuk atau atas nama Perusahaan) memfasilitasi penghindaran pajak. Oleh karena itu

  • jangan sekali-kali melakukan kegiatan yang diketahui memfasilitasi suatu pihak ketiga dalam melakukan penghindaran pajak
  • pahami Kebijakan Global tentang Anti-Penghindaran Pajak
  • patuhi proses sosialisasi dan uji tuntas yang diamanatkan oleh Perusahaan sewaktu menggunakan pihak-pihak ketiga dan pastikan mereka mendapat pengawasan yang tepat

Untuk lebih jelasnya, tanyakan ke Anti-Tax Evasion InfoPage.

Kontribusi dan Kegiatan Politik

UU pemerintah federal, negara bagian, dan wilayah AS tentang antisuap melarang kontribusi politik pribadi oleh pegawai jasa keuangan. Sebelum melakukan kontribusi atau penggalangan dana atas nama kandidat, pejabat, partai politik, komite aksi politik atau panitia pemungutan suara pemerintah federal, negara bagian atau wilayah, anda harus mendapatkan persetujuan sebelumnya melalui Sistem Penelusuran Kontribusi Politik. Di beberapa negara tertentu, kontribusi oleh suami/istri anda atau anggota keluarga lainnya juga harus dikalrifikasi terlebih dulu.

Morgan Stanley selaku Perusahaan tidak melakukan kontribusi politik korporasi di AS. Penggunaan sumberdaya perusahaan untuk suatu kegiatan atau kontribusi politik sangat dilarang dan harus mendapat persetujuan sebelumnya dari LCD dan Government Relations Department.

Anda wajib mengkonfimasi bahwa kegiatan politik pribadi anda adalah sah/resmi. Jangan sekali-kali melakukan kontribusi politik dengan maksud mempengaruhi proses dalam memenangkan atau mempertahankan bisnis Morgan Stanley. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa mengaksesnya melalui Political Contributions InfoPage dan Kebijakan AS tentang Kontribusi dan Kegiatan Politik.

Tanggungjawab Hukum Lainnya
Investasi dan Kegiatan yang Diizinkan

UU perbankan federal AS menetapkan pembatasan dan kewajiban pelaporan dalam investasi dan kegiatan perusahaan tertentu. Lebih jelasnya, anda harus menghubungi anggota LCD sebelum melakukan investasi atau perdagangan tertentu atas nama Perusahaan, misalnya mengakuisisi posisi dalam saham perbankan AS, melakukan investasi strategis, melakukan investasi melalui dana investasi pribadi Morgan Stanley atau melakukan kegiatan yang terkait komoditas atau real estate tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana Perusahaan mematuhi kewajiban ini, lihat Kebijakan Global tentang Investasi dan Kegiatan yang Diizinkan.

Kewajiban Perlindungan Konsumen

Morgan Stanley berkomitmen mematuhi UU perlindungan konsumen yang berlaku di AS dan negara lain, meliputi:

  • UU hutang-piutang wajar yang melarang diskriminasi terhadap nasabah dan pemohon
  • larangan melakukan tindakan atau praktik yang sifatnya tidak wajar, penipuan atau penyelewengan
  • melindungi privasi dan kerahasiaan data nasabah, termasuk Informasi Identitas Pribadi

Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Kepatuhan Konsumen AS.

Hadiah, Jamuan dan Biaya

Hadiah dan jamuan dapat meningkatkan goodwill dalam hubungan bisnis. Namun dengan ketentuan bahwa hadiah dan jamuan tersebut dibolehkan oleh peraturan perundang-undangan; dan tidak boleh menimbulkan kewajiban, ekspektasi atau stimulasi yang tidak wajar, atau dilakukan sesering mungkin atau berlebihan sehingga tidak pantas. Saling tukar hadiah antar karyawan tidak boleh menodai, atau terlihat menodai kepantasan hubungan atau menimbulkan konflik kepentingan atau kemungkinan konflik kepentingan. Ketentuan lainnya mengatur pemberian hadiah kepada, menjamu atau memberi sesuatu yang memiliki nilai kepada Pejabat Pemerintah: lihat pasal Anti-Korupsi dan Kontribusi dan Kegiatan Politik di atas.

Jamuan bisnis sebaiknya menjadi ajang dan peluang interaksi penting dan meningkatkan hubungan dengan nasabah. Oleh karena itu, sewaktu mengadakan jamuan bisnis, anda harus menemani nasabah, atau sewaktu menerima jamuan dari nasabah, tuan rumah harus hadir, jika tidak, maka dianggap sebagai hadiah yang harus tunduk pada ketentuan dan pembatasan mengenai nilai hadiah dimaksud.

Klik di sini untuk mengetahui lebih jelas mengenai kebijakan dan batas nilai uang untuk hadiah dan jamuan bisnis yang berlaku di lokasi anda.

Sumbangan amal tidak bisa dipertukarkan dengan manfaat yang akan diterima oleh Perusahaan atau nasabah. Sumbangan amal oleh Morgan Stanley atas nama atau atas permintaan nasabah harus diklarifikasi terlebih dulu.

Anda bertanggungjawab meneliti biaya-biaya yang anda keluarkan untuk memastikan biaya tersebut sejalan dengan kebijakan Perusahaan, dilaporkan secara akurat, logis, dan disetujui dan diproses. Anda tidak boleh memberi persetujuan atas biaya yang anda keluarkan sendiri. Jika anda memalsukan atau berbuat curang dalam melaporkan biaya dimaksud, anda akan dikenakan tindakan disiplin, termasuk pemutusan hubungan kerja.

Perizinan dan Pelatihan

Banyak negara yang mewajibkan warganya yang melaksanakan kegiatan tertentu dalam bidang jasa keuangan agar memperoleh perizinan, melakukn pengungkapan diri dan mengikuti pelatihan dan memenuhi persyaratan lainnya. Anda wajib memastikan bahwa anda dan bawahan anda telah terdaftar, berizin dan memenuhi persyaratan.

Sebelum anda menawarkan produk kepada, atau mendapatkan pesanan dari nasabah di luar negara asal anda, pastikan anda dan Morgan Stanley telah memiliki izin yang diperlukan untuk menjalankan bisnis di lokasi nasabah dan anda memahami peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang berlaku atas kegiatan anda di sana, termasuk badan hukum yang melakukan transaksi bisnis dengan anda. Untuk lebih jelasnya mengenai syarat perizinan dan pelatihan, klik di sini.

Pembukuan dan Catatan Akurat

Kita wajib memiliki pembukuan dan catatan akurat mengenai kegiatan bisnis kita sesuai peraturan perundang-undangan dan persyaratan bisnis, dan memastikan bahwa informasi keuangan yang tercantum dalam pembukuan dan catatan tersebut benar dan lengkap dalam segala aspek materiilnya. Anda harus menyusun dan menyimpan pembukuan dan catatan Morgan Stanley secara akurat, lengkap dan terpercaya, dan mematuhi seluruh kebijakan dan prosedur yang berlaku.

Morgan Stanley telah menetapkan kebijakan dan prosedur dalam rangka mematuhi syarat penyimpanan catatan dan segera menyajikan dokumen tersebut jika diminta oleh lembaga penegak hukum. Anda harus memahami dan mematuhi kebijakan penyimpanan catatan yang berlaku di unit kerja anda. Untuk lebih jelasnya. Lihat Kebijakan Global tentang Manajemen Catatan dan Informasi dan Information Management InfoPage.

Kerjasama dengan Lembaga Investigasi, Penyelidikan dan Pemeriksaan

Dalam proses litigasi, investigasi internal, atau penyelidikan, kajian atau pemeriksaan oleh lembaga pemerintah, lembaga peradilan atau tatausaha negara yang melibatkan Morgan Stanley, Perusahaan dapat meminta anda menyediakan informasi (termasuk dokumen, laporan atau keterangan) atau menemui anggota LCD, penasehat hukum atau auditor eksternal kami atau pihak-pihak lainnya. Anda harus terbuka dan kooperatif serta menyajikan informasi yang benar, akurat dan lengkap sehubungan dengan permintaan tersebut. Jika anda tidak mau bekerjasama dalam hal ini, bisa berakibat sanksi disiplin dan termasuk diberhentikan dari pekerjaan anda dan pembatalan kompensasi yang telah diberikan sebelumnya atau yang tertunda pemberiannya, jika ada.

Komunikasi dengan Lembaga Hukum dan Pemerintah

Aturan Berkomunikasi atas nama Perusahaan: Morgan Stanley menjalin hubungan yang terbuka, kooperatif dan konstruktif dengan lembaga hukum dan pemerintah, termasuk menyampaikan kepada mereka perkembangan dan tindakan korporasi yang signifikan. Kita juga brupaya memastikan bahwa komunikasi perusahaan dengan lembaga hukum dan pemerintah terkoordinasi akurat, lengkap dan tepat waktu. Oleh karena itu, anda tidak boleh menghubungi lembaga hukum atau pemerintah atas nama Morgan Stanley, memberi keterangan kepada lembaga hukum dan pemerintah atas nama Morgan Stanley atau memberi jawaban kepada lembaga tersebut mengenai permasalahan yang memerlukan tanggapan dari Morgan Stanley tanpa berkoordinasi dengan LCD, Global Regulatory Relations Group atau Government Relations Department. Untuk lebih jelasnya:

  • teruskan kepada LCD segala panggilan, pertanyaan seputar pelaksanaan atau pertanyaan lain dari lembaga hukum dan pemerintah, permasalahan litigasi, dokumen dan pemeriksaan hukum lainnya yang berasal dari penasehat hukum eksternal
  • beritahukan kepada Global Regulatory Relations Group segala interaksi atau komunikasi substantif dengan badan regulator Perusahaan tentang kegiatan pengawasan mereka, termasuk surt pembritahuan kajian, penyelidikan, pemeriksaan dan permintaan asesmen lanjut;lihat [link] Informasi Rahasia di bawah ini.
  • minta persetujuan dari Government Relations Department sebelum menghubungi pejabat pemerintah atau pejabat legislatif atas nama Morgan Stanley mengenai segala permasalahan yang terkait bisnis atau peraturan perundang-undangan yang berdampak pada Perusahaan

Potensi Litigasi dan Pengamanan Dokumen Hukum: Anda harus segera memberitahukan kepada LCD jika anda mengetahui potensi litigasi atau gugatan hukum yang melibatkan anda selaku karyawan atau yang melibatkan Morgan Stanley. Kita wajib menyimpan dan mengamankan informasi, dokumen dan materi lain (baik dalam bentuk fisik maupun elektronik) yang terkait litigasi, investigasi dan gugatan hukum dan administrasi. Anda harus mematuhi segala pemberitahuan dari LCD yang menginstruksikan anda menyimpan dan mengamankan informasi, dokumen atau materi.

Komunikasi yang Dilindungi Undang-Undang: Meski Standar Etika ini menetapkan syarat dan ketentuan komunikasi dengan lembaga hukum atau pemerintah atas nama Morgan Stanley, namun tak satupun ketentuan dalam Standar Etika ini yang melarang anda:

  • melakukan komunikasi langsung dengan, bekerjasama dengan, menyajikan informasi kepada atau membantu investigasi yang dilakukan oleh lembaga atau pejabat pemerintah atau lembaga hukum atau organisasi regulator mandiri (SRO) tentang kemungkinan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan
  • menjawab pertanyaan lembaga atau pejabat pemerintah atau lembaga hukum atau SRO yang ditujukan kepada anda secara pribadi, tidak meminta tanggapan atas nama Morgan Stanley dan tidak terkait dengan bisnis Morgan Stanley.
  • memberi kesaksian, ikutserta atau membantu tindakan hukum atau persidangan yang dilakukan oleh lembaga pemerintah atau lembaga hukum berkaitan dengan kemungkinan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan
  • Membuat pernyataan lain yang dilindungi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Anda tidak perlu memberitahukan Morgan Stanley atau meminta izin terlebih dahulu dari Morgan Stanely untuk melakukan komunikasi sebagaimana tersebut di atas.

Keberagaman dan Inklusivitas

Morgan Stanley berkomitmen menyediakan lingkungan kerja yang mendukung keberagaman dan inklusivitas, dan di mana setiap orang diperlakukan secara bermartabat dan terhormat. Kebijakan perusahaan mendukung kesempatan kerja yang sama tanpa membedakan atau melecehkan ras, warna kulit, agama, kepercayaan, umur, jenis kelamin, identitas atau ekspresi jenis kelamin, orientasi seksual, sukubangsa, kewarganegaraan, cacat fisik, status perkawinan atau persekutuan perdata atau percampuran, kehamilan, cuti mengasuh anak atau cuti melahirkan, status veteran atau dinas kemiliteran, informasi genetik atau karakateristik lain yang dilindungi undang-undang. Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan tentang Non-Diskriminasi dan Anti-Pelecehan/Martabat dalam Pekerjaan yang berlaku di wilayah anda.

Anda dihimbau berpartisipasi dalam program dan kegiatan yang disponsori oleh Perusahaan untuk mempromosikan keberagaman dan inklusivitas.

Keberlanjutan

Morgan Stanley berkomitmen menjalankan bisnis secara bertanggungjawab kepada lingkungan dan masyarakat. Memajukan bidang investasi yang sustainable dan fokus pada modal jangka panjangadalah komponen utama keberhasilan kita.

Investasi Berkelanjutan

Morgan Stanley berupaya mendahulungan kepentingan lingkungan, sosial dan tatakelola melalui perilaku untuk bisnis kita. Kami mencoba menawarkan solusi keuangan dan layanan advis yang bertujuan menciptakan manfaat positif jangka panjang bagi klien dan pemegang saham serta lingkungan dan masyarakat di seluruh dunia. Morgan Stanley Institute for Sustainable Investing bekerjasama dengan Investment Management, Wealth Management dan Institutional Securities untuk mendukung dan mengembangkan solusi pembiayaan yang terukur, perangkat investasi baru dan wawasan berorientasi industri yang memberi informasi dan kewenangan kepada investor.

Risiko Lingkungan dan Sosial

Perusahaan memikirkan dampak kegiatan bisnisnya terhadap lingkungan dan sosial, termasuk bagaimana kita mengevaluasi risiko lingkungan dan sosial yang terkait dengan kegiatan perusahaan, transaksi, investasi dan operasional tertentu. Kebijakan dan prosedur perusahaan menetapkan kerangka yang kuat dalam menganalisa risiko lingkungan dan sosial. Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Risiko Lingkungan dan Sosial dan kunjungi laman Tatakelola Perusahaan pada website Morgan Stanley.

Pengoperasian dan Rantai Pasokan yang Berkelanjutan

Kita berupaya mengurangi emisi gas rumah kaca, meningkatkan pemanfaatan sumber energi bersih dan terbarukan, meningkatkan penghematan energi pada bangunan dan memastikan tanggungjawab dan keberagaman pemasok.

Dalam menjalankan bisnis, kita berupaya melindungi dan menjaga hak asasi manusia karyawan, pemasok, nasabah dan masyarakat setempat, sebagaimana tercantum dalam Piagam HAM PBB, Standar Tenaga Kerja inti Organisasi Buruh Internasional dan Prinsip-prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan HAM. Pernyataan Morgan Stanley tentang Perbudakan Modern dan Perdagangan Manusia dapat ditemukan di sini.

Untuk lebih jelasnya mengenai kegiatan Sustainability (Keberlanjutan) Morgan Stanley, kunjungi: http://www.morganstanley.com/about-us/.

Melindungi Informasi Rahasia
Informasi Rahasia
Definisi

Informasi Rahasia adalah informasi yang anda buat, kembangkan, terima, gunakan, pelajari dan akses karena anda bekerja di Morgan Stanley, yang tidak diketahui oleh publik dan cukup sensitif sehingga jika informasi tersebut hilang, diungkapkan atau diakses secara tidak sah akan merugikan hak hukum maupun nama baik Morgan Stanley atau nasabah.

Contoh informasi rahasia meliputi identitas nasabah, kegiatan perdagangan dan kepemilikan saham oleh Perusahaan dan nasabah, akuisisi, divestasi dan program penawaran tender kegiatan pengawasan oleh pihak regulator Perusahaan serta Informasi Identitas Pribadi nasabah dan karyawan.

Kewajiban Melindungi Informasi Rahasia

Anda wajib melindungi seluruh informasi rahasia, apapun bentuk atau formatnya. Lebih jelasnya, anda hanya boleh mengakses informasi rahasia yang benar-benar anda perlukan dan diizinkan melihatnya; menyampaikan informasi rahasia hanya kepada karyawan dan agen Perusahaan disertai alasan yang tepat untuk mengetahuinya dan menempuh langkah dan tindakan wajar untuk mencegah agar orang yang tidak berhak tidak mengakses informasi rahasia yang anda miliki. Jangan sekali-kali meeneruskan informasi rahasia ke akun email pribadi atau menggunakan email pribadi untuk menjalankan bisnis Perusahaan.

Kewajiban anda melindungi informasi rahasia perusahaan tetap berlaku meski anda tidak lagi bekerja di Morgan Stanley.

Selain itu, anda tidak boleh menyampaikan kepada Morgan Stanley segala informasi rahasia mengenai pekerjaan atau perusahaan anda sebelumnya kecuali jika disetujui selain itu oleh Morgan Stanley dan perusahaan anda sebelumnya. Anda juga harus mengungkapkan kepada Morgan Stanley dan mematuhi pembatasan-pembatasan pasca kerja yang berasal dari pekerjaan anda sebelumnya yang bisa mempengaruhi pekerjaan anda di Morgan Stanley. Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Informasi Rahasia dan Informasi Materiil Non-PublikProsedur Global tentang Kontrol Penanganan Keamanan Informasi.

Informasi Rahasia

Sebagai entitas yang tunduk pada kebijakan regulator, Morgan Stanley menerima informasi dari regulator yang sifatnya rahasia dan secara eksklusif menjadi milik lembaga penerbit, selanjutnya disebut Informasi Rahasia (CSI). Contoh CSI meliputi hasil pemeriksaan dan pengawasan oleh regulator (misalnya laporan pemeriksaaan, pemeringkatan dan komunikasi lain oleh regulator).

Pengungkapan CSI secara tidak sah dapat mengakibatkan anda dan Perusahaan terkena tindakan disiplin dan sanksi hukum, termasuk sanksi pidana. CSI adalah informasi yang sangat rahasia dan hanya boleh dibagian/disampaikan dalam lingkungan internal Perusahaan karena memang perlu mengetahuinya. Jangan membagikan CSI kepada orang-orang yang bukan karyawan Perusahaan, termasuk kepada konsultan dan vendor, kecuali jika secara khusus diizinkan oleh regulator terkait. Karena beragamnya aturan dan pembatasan yang ditetapkan oleh regulator mengenai pengungkapan CSI, maka seluruh pertanyaan atau permintaan untuk mengungkapkan CSI kepada pihak ketiga harus disampaikan ke Global Regulatory Relations Group sebelum diungkapkannya CSI.

Privasi dan Perlindungan Data

Morgan Stanley berkomitmen melindungi Informasi Identias Pribadi (PII). PII adalah data yang terkait atau langsung atau tidak langsung merupakan identitas khusus perorangan seperti calon klien, bekas klien atau klien aktif, karyawan atau pihak ketiga. Mengenai contoh PII, lihat PII Definition and Examples List. Seluruh PII harus diproses sesuai kebijakan privasi dan perlindungan data dan Kebijakan tentang Perlindungan dan Privasi Data yagn berlaku di kawasan dan negara; untuk lebih jelasnya, klik di sini.

Melaporkan Insiden Keamanan Informasi

Insiden keamanan informasi adalah peristiwa yang dapat mengakibatkan informasi rahasia hilang, dicuri atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Contohnya adalah mengakses informasi di luar lingkup tanggungjawab anda, anda kehilangan perangkat portable dan salah kirim komunikasi elektronik atau komunikasi surat. Anda harus segera melaporkan insiden keamanan informasi (baik yang dicurigai maupun yang sudah terkonfirmasi) kepada Incident Response Team, dengan menggunakan iRespond. Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Program Keamanan Informasi.

Informasi Materiil Non-Publik
Larangan Perdagangan

Dalam kondisi apapun, anda tidak boleh memperdagangkan, mendorong orang lain untuk memperdagangkan atau merekomendasikan saham atau instrumen keuangan terkait sewaktu anda memiliki informasi materiil non-publik (MNPI) yang terkait saham atau instrumen tersebut.

MNPI (atau informasi internal) adalah salah-satu bentuk informasi rahasia dan mencakup seluruh informasi non-publik yang kemungkinan berdampak signifikan terhadap harga suatu saham atau instrumen keuangan lainnya, atau yang dianggap penting oleh investor dalam membuat keputusan investasi.

Menyampaikan Pemberitahuan kepada Control Group

Jika anda meyakini anda memiliki MNPI, atau jika anda tidak yakin apakah informasi tertentu merupakan MNPI, anda harus segera menghubungi Control Group atau anggota LCD. Jangan menyampaikan informasi tersebut kepada orang/pihak lain. Selain itu, anda atau anggota tim anda yang ditunjuk harus memberitahukan kepada Control Group mengenai perkembangan signifikan yang terkait situasi atau transaksi tersebut agar Control Group dapat menentukan pembatasan apa yang harus diterapkan dan kapan emiten bisa dihapus dari Daftar Cekal atau Daftar Pengawasan. Contoh perkembangan signifikan adalah keikutsertaan Morgan Stanley, struktur spesifik transaksi dan prekiran tanggal pengumuman transaksi.

Hambatan Informasi

Hambatan Informasi adalah kebijakan dan prosedur yang dibuat untuk mencegah penyalahgunaan MNPI dan menghindari konflik kepentingan. Hambatan Informasi menetapkan pembatasan-pembatasan terhadap arus informasi antara karyawan Sisi Privat (karyawan secara rutin menerima MNPI selama melaksanakan pekerjaan mereka) dan karyawan Sisi Publik (karyawan yang secara rutin bekerja di bursa saham publik). Daftar Cekal emiten digunakan untuk memantau Hambatan Informasi Perusahaan dan membantu memastikan terpenuhinya persyaratan hukum tertentu.

  • Emiten dapat dicantumkan ke dalam Daftar Cekal untuk berbagai alasan, termasuk misalnya, jika Morgan Stanley adalah penasehat keuangan dalam konteks usulan merjer resmi atau penjamin resmi saham emiten.
  • Jika emiten tercantum dalam Daftar Cekal, maka perdagangan saham oleh karyawan, perdagangan saham oleh perusahaan dan pengumpuan transaksi nasabah dalam saham emiten tersebut umumnya dibatasi atau dilarang. Selain itu, jika emiten dicantum dalam Daftar Cekal, maka pada umumnya riset atau komunikasi lain mengenai saham emiten tersebut tidak boleh disebarluaskan, dipublikasi ulang atau disampaikan ke nasabah.
  • Daftar Cekal Perusahaan berisi pembatasan-pembatasan yang berlaku terhadap karyawan Perusahaan (kecuali karyawan Manajemen Kekayaan yang tercantum dalam Daftar Cekal Manajemen Kekayan). Ada beberapa Daftar Cekal tersendiri untuk bisnis-bisnis tertentu, misalnya Daftar Cekal Penjualan dan Perdagangan Ekuitas. Karyawan Perusahaan dapat mengakses Daftar Cekal di sini namun tidak boleh menyebarluaskannya di luar Perusahaan.

Karyawan Sisi Privat hanya boleh menyampaikan MNPI kepada karyawan Sisi Publik sesusi Prosedur Wall Crossing Perusahaan. Dalam hal apapun, MNPI hanya boleh disampaikan sebatas perlu mengetahuinya. Jika ada pertanyaan seputar Hambatan Informasi atau tentang status anda sebagai karyawan Sisi Privat, Sisi Publik atau Above-the-Wall, silakan menghubungi Control Group’sInformation Barrier Page atau anggota LCD.

Kewajiban Anda
  • Melindungi informasi rahasia dan hanya menyampaikannya kepada pihak yang diberi kewenangan dan sebatas perlu mengetahuinya
  • Segera melaporkan insiden keamanan informasi melalui iRespond
  • Memberitahukan kepada Control Group mengenai perkembangan signifikan berkaitan dengan transaksi-transaksi
  • Mematuhi prosedur Daftar Cekal and prosedur terkait yang berlaku atas lingkup pekerjaan anda
  • Mematuhi prosedur Wall Crossing Perusahaan sebelum menyampaikan MNPI
  • Tidak melakukan perdagangan atau mendorong orang/pihak lain melakukan transaksi perdagangan sewaktu anda memiliki MNPI
Kegiatan Karyawan
Kegiatan Eksternal dan Investasi Pribadi

Anda harus menghindari kegiatan, situasi atau hubungan eksternal yang kemungkinan mengganggu, atau kelihatannya mengganggu tugas dan kewajiban anda kepada Morgan Stanley dan nasabah perusahaan atau yang bisa menghambat kegiatan Morgan Stanley. Anda juga harus memperoleh persetujuan melalui OBI System sebelum melakukan kegiatan eksternal, meski dalam kegiatan tersebut anda tidak menerima bayaran. Berikut adalah contoh kegiatan eksternal:

  • menjabat direksi (termasuk untuk entitas nirlaba) dan mitra
  • diperkerjakan oleh, atau bertindak selaku konsultan untuk orang atau entitas lain
  • menerima bayaran dari orang atau entitas lain atas kegiatan bisnis yang dilakukan
  • menerima segala bentuk kompensasi/bayaran atas hasil karya eksternal, misalnya buku, artikel atau pidato
  • memegang jabatan di partai politik atau pemerintahan karena terpilih atau ditunjuk
  • investasi privat tertentu misalnya kontrak investasi kolektif privat (hedge funds), kemitraan terbatas atau badan usaha milik pribadi

Anda juga harus menyampaikan laporan terbaru melalui OBI System jika ada perubahan materiil dalam kegiatan anda jika kegiatan tersebut sudah berakhir. Untuk lebih jelasnya mengenai Kegiatan Eksternal, lihat Outside Activities InfoPage. Untuk lebih jelasnya mengenai investasi privat, lihat Employee Trading and Investing InfoPage.

Perdagangan dan Investasi (oleh) Karyawan
Pembatasan-pembatasan mengenai Perdagangan dan Investasi Pribadi

Perdagangan dan investasi pribadi yang anda lakukan tidak boleh bertentangan (dalam aspek hukum, bisnis atau etika) dengan Morgan Stanley atau nasabah perusahaan, atau yang kelihatannya tidak wajar. lebih jelasnya, anda tidak boleh:

  • menggunakan informasi non-publik mengenai suatu transaksi tunda untuk kepentingan pribadi atau kepentingan orang lain
  • melakukan perdagangan pribadi yang telah atau akan dilaksanakan oleh nasabah atau unit kerja

Anda, suami/isteri dan anggota keluarga tertentu harus mematuhi Kebijakan Global tentang Perdagangan dan Investasi Karyawan dan kebijakan perdagangan (oleh) karyawan yang berlaku pada unit kerja atau wilayah anda, yang bisa anda akses di sini. (Karyawan Manajemen Kekayaan (WM) harus mematuhi Kebijakan tentang Perdagangan oleh Karyawan WM dan Kebijakan tentang Transaksi Saham Tertutup WM). Kebijakan ini mengatur, antara lain, perlunya klarifikasi terlebih dulu dan pembatasan-pembatasan mengenai perdagangan jenis saham tertentu atau instrumen keuangan lainnya, menerapkan jenis strategi tertentu dan memiliki jenis akun tertentu. Pembatasan-pembatasan lainnya berlaku atas transaksi saham Morgan Stanley:

  • anda hanya boleh melakukan perdagangan selama window period (periode jendela) yang ditentukan, sebagaimana diumum pada bagian “My Resources” dari Morgan Stanley Today, dan (jika anda adalah Access Person) hanya dengan persetujuan manajer anda. Pembatasan ini tidak berlaku untuk ekuitas dan surat hutang, namun berlaku untuk transaksi Dana Saham Morgan Stanley dalam akun 401(k) anda
  • dalam kondisi apapun, anda tidak boleh melakukan short sell atas saham Morgan Stanley
  • kecuali jika anda adalah Executive Officer, anda boleh melakukan penjualan covered call dan pembelian protective puts selam window period namun hanya untuk melindungi posisi eksisting saham Morgan Stanley yang bisa dijual (tidak dikenakan pembatasan)
Akun Efek Karyawan

Umumnya, anda harus memiliki seluruh akun efek karyawan di Morgan Stanley (sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku setempat) dan di wilayah di mana anda berkedudukan. Suatu akun dianggap sebagai akun efek karyawan jika

  • akun tersebut milik anda, suami/isteri anda atau orang lain yang menjadi tanggungan anda;
  • akun tersebut mempunyai kemampuan brokerage (yaitu, bisa melakukan transaksi saham atau instrumen keuangan lainnya), baik kemampuan tersebut digunakan maupun tidak, dan
  • anda memiliki kepentingan keuangan di dalamnya, atau kuasa (langsung atau tidak langsung) mengendalikan atau mempengaruhi keputusan investasi.

Untuk lebih jelasnya, kunjungi Employee Trading and Investing InfoPage.

Hutang-Piutang Pribadi

Kegiatan hutang-piutang pribadi yang anda lakukan tidak boleh bertentangan dengan aspek hukum, etika dan bisnis atau yang terlihat tidak wajar. Anda hanya boleh menerima layanan jika layanan dengan ketentuan dan syarat yang sama juga ditawarkan ke kelompok individu yang lebih besar, bukan karena status anda sebagai karyawan Morgan Stanley. Misalnya, layanan perbankan diskon yang ditawarkan kepada seluruh karyawan Morgan Stanley di wilayah geografis yang sama atau kepada seluruh penyewa dalam suatu gedung perkantoran yang juga ditempati oleh Morgan Stanley adalah dibolehkan. Anda tidak boleh menerima manfaat tersebut jika penawaran dimaksud kelihatannya merupakan upaya mendapatkan perlakuan istimewa dalam bertransaksi dengan Morgan Stanley.

Kejadian-kejadian yang Wajib Dilaporkan Menyangkut Urusan Pekerjaan dan Pribadi

Anda wajib segera memberitahukan kepada atasan langsung anda dan anggota LCD jika anda terlibat dalam, atau mengetahui, suatu kejadian yang dapat dilaporkan. Kejadian tersebut adalah, misalnya, jika anda:

  • ditangkap, didakwa, divonis atau menjadi pelaku tindak pidana (kecuali pelanggan lalulintas yang kadarnya ringan); anda harus melaporkan permasalahan tersebut, baik dalam hal anda mengadakan pembelaan, menyelesaikan permasalahan dimaksud atau menjadi terpidana
  • menjadi subyek suatu penyelidikan, investigasi atau tindakan oleh lembaga regulator, regulator mandiri atau profesi, termasuk menjadi subyek atas suatu temuan, denda, penalti, gugatan administrasi atau hukuman oleh salah-satu lembaga tersebut
  • menjadi pihak dalam suatu gugatan perdata atau arbitrase perihal apakah Morgan Stanley atau anda dalam kapasitas pekerjaan anda masih bekerja di Morgan Stanley atau di perusahaan lain
  • menjalani investigasi atas dugaan pelanggaran atau malpraktik (termasuk tindak pidana atau penipuan) terkait suatu kegiatan bisnis
  • menjadi subyek suatu pertimbangan, hutang dan jaminan, perintah pelunasan hutang atau putusan kepailitan, atau mengadakan kompromi dengan kreditur tentang pembayaran hutang
  • mendapat panggilan, pertanyaan atau permintaan (resmi atau tidak resmi) dari lembaga pemerintah, badan regulator, SRO atau lembaga administrasi dalam suatu permasalahan yang kemungkinan melibatkan Morgan Stanley, atau jika anda menjadi penuntut, penggugat atau sebagai saksi dalam masalah tersebut
  • berencana mengajukan suatu gugatan atau membuat laporan kepada badan regulator secar sukarela sehubungan dengan permasalahan atau bisnis yang menyangkut Morgan Stanley (tidak termasuk permaalahan yang menyangkut hubungan kerja anda dengan Morgan Stanley)
  • menerima pengaduan dari nasabah atau pihak ketiga sehubungan dengan kegiatan Perusahaan, baik yang disampaikan secara lisan maupun tertulis

Hubungi atasan anda dan anggota LCD sebelum mengambil tindakan menyangkut kejadian yang dapat dilaporkan.

Melindungi Kepentingan Perusahaan
Hartabenda Perusahaan
Komunikasi Bisnis dan Sistem Perusahaan

Komunikasi bisnis sebaiknya berisi informasi secara jelas, akurat dan profesional. Komunikasi secara sembrono dan tidak memenuhi ketentuan ini dapat menimbulkan efek balik yang serius.

Anda hanya boleh menggunakan sistem Morgan Stanley untuk kepentingan bisnis Perusahaan dan untuk penggunaan pribadi secara wajar dan terbatas. Secara umum, sistem perusahaan adalah teknologi yang dimiliki atau disediakan oleh Perusahaan, termasuk sistem komunikasi.

Perusahaan tunduk pada kewajiban hukum yang mewajibkan penyimpanan komunikasi bisnis. Hanya sistem pengiriman pesan yang disetujui Perusahaan yang boleh digunakan untuk melakukan komunikasi tertulis melalui media elektronik mengenai bisnis Perusahaan. Bisnis Perusahaan meliputi interaksi mengenai produk, layanan atau tugas penting anda di Perusahaan. Akses terbatas ke internet disediakan melalui sistem Perusahaan dalam rangka melaksanakan bisnis Perusahaan. Anda hanya boleh menggunakan perangkat pribadi untuk melaksanakan bisnis Perusahaan jika anda menggunakan aplikasi yang disetujui oleh Preusahaan pada perangkat tersebut. Anda tidak boleh membuat, menyebarluaskan atau menyimpan informasi Perusahaan di luar aplikasi yang disetujui oleh Perusahaan.

Seluruh informasi yang disimpan dalam atau dikirim melalui penggunaan sistem Perusahaan adalah milik Morgan Stanley. Dengan menggunakan atau mengakses sistem Perusahaan, berarti anda setuju dan bersedia dipantau, diakses, di-review, diungkap, dicegat dan dicatat sewaktu anda menggunakan dan mengakses sistem Perusahaan dan pemindahan data melalui dan/atau yang berada pada sistem Perusahaan. Anda tidak boleh melakukan tindakan dan upaya untuk menghalangi kemampuan Perusahaan dalam memantau, mengakses, me-review, mengungkap, mencegat atau mencatat informasi tersebut. Morgan Stanley akan mencatat komunikasi suara jika disyaratkan oleh undang-undang atau jika ada kebutuhan bisnis yang bisa dibuktikan kebenarannya. Anda tidak boleh menggunakan sistem Perusahaan untuk kepentingan pribadi jika anda tidak menginginkan penggunaan dan komunikasi pribadi anda dipantau.

Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Penggunaan Internet dan Komunikasi Elektronik , Pemberitahuan Kepatuhan Penggunaan Komunikasi Elektronik di Tempat Kerja, Kebijakan Global tentang Perekaman Suara,Kebijakan Global tentang Pengawasan Komunikasi Elektronik, Pemberitahuan Global tentang Monitoring dan Kebijakan Global tentang Program Keamanan Informasi.

Keamanan Cyber

Kita semua memiliki tanggungjawab bersama untuk melindungi Perusahaan terhadap ancaman cyber, yaitu tindakan, situasi dan kondisi atau kejadian yang berpotensi memanfaatkan kerentanan berbasis teknologi yang bisa berakibat rusaknya atau menurunnya tingkat kepercayaan, keutuhan atau ketersediaan informasi, sistem dan/atau jaringan Perusahaan. Perusahaan menetapkan kerangka perlindungan untuk mencegah, mendeteksi dan merespons ancaman dan insiden cyber, sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Global tentang Program Keamanan Informasi. Sifat ancaman ini terus-menerus berkembang, namun contoh-contoh utama langkah dan tindakan yang bisa anda lakukan untuk melindungi nasabah kita, Perusahaan dan diri anda adalah sbagai berikut:

  • waspadai phishing scams. Jangan mengklik tautan atau membuka attachments dalam email atau pesan yang berasal dari pengirim yang tidak dikenal
  • jangan menggunakan kata sandi (password) yang sama untuk sistem Perusahaan yang anda gunakan untuk akun pribadi
  • lindungi keamanan fisik laptop dan perangkat seluler anda
  • segera beritahukan melalui iRespond adanya potensi insiden keamanan cyber, termasuk dugaan kecurangan, kegiatan tidak sah atau kegiatan tak diharapkan lainnya yang terkait sistem dan informasi.
Hak Kekayaan Intelektual

Umumnya, Morgan Stanley memiliki seluruh hak dalam hak kekayaan intelektual yang anda buat, perbarui atau pegang selama anda bekerja di Perusahaan, dan anda wajib mematuhi garis pedoman Tanggungjawab terkait Hak Kekayaan Intelektual. Dengan menyetujui Standar Etika ini, berarti anda juga menyetujui Ketentuan Tambahan tentang Hak Kekayaan Intelektual, yang ketentuan dan syaratnya dapat dilaksanakan berdasarkan perjanjian antara and dan Morgan Stanley.

Melindungi Aset Perusahaan

Penyalahgunaan, kekeliruan penyajian, termasuk kecurangan dalam pelaporan keuangan, atau pengungkapan aset Perusahaan secara tidak berwenang merupakan pelangggaran terhadap kewajiban anda dan merupakan tindak penipuan terhadap Perusahaan, meski tindakan tersebut dilakukan tanpa bermaksud untuk tujuan dan kepentingan pribadi.

Komunikasi Publik

Perusahaan memiliki tanggungjawab hukum menyajikan informasi yang akurat dan lengkap kepada publik investasi. Jika anda terlibat dalam penyusunan materi untuk disebarluaskan ke publik atau kepada badan regulator, anda harus memastikan bahwa informasi tersebut akurat dan lengkap. Jika anda mengetahui adanya pernyataan tidak akurat atau menyesatkan dalam suatu komunikasi publik, segera sampaikan permasalahan tersebut melalui salah-satu saluran sebagaimana tersebut di atas dalam [link] Penyampaian Permasalahan.

Perusahaan secara aktif mengelola komunikasi publiknya untuk memastikan publik mendapatkan informasi yang akurat dan lengkap. Kecuali jika diizinkan selain itu, anda harus mendapatkan persetujuan dari Corporate Communications sebelum menjawab pertanyaan media atau mengontak media, termasuk melalui media sosial. Persyaratan tambahan berlaku untuk analist riset, karyawan dalam Manajemen Kekayaan dan karyawan tertentu lainnya. Untuk lebih jelasnya, lihat Kebijakan Global tentang Media dan kebijakan yang berlaku di unit kerja.

Kewenangan Bertindak Atas Nama Morgan Stanley

Anda tidak boleh membebankan kewajiban apapun kepada Morgan Stanley atau salah-satu anak perusahaan atau afiliasinya kecuali jika anda diberi kewenangan melakukan demikian. Sebelum menandatangani suatu dokumen atas nama Perusahaan, lihat Pemberitahuan Tentang Penandatanganan Dokumen atas nama Morgan Stanley dan Anak Perusahaannya dan mengkonfirmasi bahwa anda memiliki kewenangan yang diperlukan. Hubungi Corporate Secretarial Group di LCD untuk bantuan mengenai kewenangan menandatangani atas nama anak perusahaan Morgan Stanley.

Anda tidak boleh membuka ataupun memiliki rekening bank atas nama Morgan Stanley atau salah-stu anak perusahaannya, kecuali jika the Global Bank Services Group telah memberi kewenangan kepada anda untuk melakukannya.

Kewajiban Anda
  • menggunakan pertimbangan dan profesionalitas dalam komunikasi bisnis dan hanya mengkomunikasikan bisnis Perusahaan melalui sistem yang disetujui oleh Perusahaan
  • hanya menggunakan sistem Perusahaan untuk kepentingan bisnis Perusahaan dan penggunaan pribadi secara wajar dan terbatas
  • ambil bagian dalam melindungi Perusahaan dari ancaman keamanan cyber
  • menyediakan informasi yang akurat dan lengkap untuk digunakan dalam penyampaian informasi Perusahaan ke publik dan melaporkannya jika anda meyakini bahwa penyampaian informasi Perusahaan ke publik tidak akurat atau menyesatkan
  • melakukan komunikasi kepada media hanya jika diberi kewenangan untuk itu
Ketentuan dan Syarat dalam Standar Etika

Standar Etika ini merupakan bagian dari ketentuan dan syarat perjanjian kerja anda dan mengatur segala kegiatan anda di Morgan Stanley. Standar Etika ini juga mencakup kewajiban tertentu yang tetap berlaku meski anda tidak lagi bekerja di Morgan Stanley. Anda bertanggungjawab mematuhi Standar Etika ini dan seluruh kebijakan dan prosedur yang berlaku terhadap anda. Sewaktu anda bekerja di Perusahaan dan minimal satu tahun setelahnya, anda harus mengakui bahwa anda telah membaca, memahami, mematuhi dan setuju dengan Standar Etika ini. Standar Etika ini dan segala ketentuannya tetap berlaku meski anda tidak memberikan pengakuan dan persetujuan anda. Standar Etika ini bukanlah suatu kontrak yang menjamin keberlangsungan pekerjaan anda di Morgan Stanley atau memberi privilege, hak atau manfaat khusus kepada anda.

Berbagai nilai dan prinsip dalam Standar Etika ini dijelaskan lebih rinci dalam kebijakan dan prosedur perusahaan. Selain itu, ketentuan and syarat yang berlaku untuk wilayah dan negara tertentu dijelaskan secara rinci dalam Ketentuan Tambahan tentang Negara. Anda bisa mengakses kebijakan dan prosedur tersebut dalam Legal and Compliance Division Portal, Firmwide PolicyPortal dan HR Policies Portal. Ketentuan Tambahan tentang Negara dan Standar Etika yang berlaku dapat anda akses di Code of Conduct InfoPage.

Konsekuensi Jika Anda Melanggar Standar Etika Ini

Jika anda melanggar Standar Etika ini, atau kebijakan atau prosedur lain yang ditetapkan oleh Morgan Stanley, anda akan dikenakan tindakan disiplin, termasuk pembatalan kompensasi yang telah diberikan sebelumnya dan/atau pengakhiran hubungan kerja. Anda bisa pula dituntut bertanggungjawab atas tindakan (atau pengabaian tindakan tersebut) yang dilakukan oleh orang lain jika anda, atau sepatutnya mengetahui pelanggaran dimaksud. Kegiatan anda juga bisa dilaporkan ke badan regulator dan lembaga pemerintah lainnya, yang bisa berakibat anda menjalani investigasi hukum dan kriminal. Hal ini bisa berakibat anda dituntut bertanggungjawab secara pribadi dan dikenakan denda, tidak diterima bekerja dalam bidang industri jasa keuangan dan/atau dituntut pidana kurungan.

Sumber

Firmwide PolicyPortal—Akses ke kebijakan dan prosedur LCD dan Perusahaan

LCD Portalakses ke InfoPages dengan information dan titik kontak mengenai kebijakan topic-topik utama:

Ketentuan Tambahan tentang Negara—dapat diaksesmelalui Code of Conduct InfoPage

Technology and Information Risk Portal— akses ke kebijakan dan sumberdaya untuk melindungi informasi dan sistem perusahaan

HR Policies Portal— akses ke kebijakan HR

Institute for Sustainable Investing Portal—informasi tentang komitmen Morgan Stanley untuk meningkatkan kelestarian lingkungan dan tanggungjawab sosial